Rabu, 02 Maret 2011

Waspada!!Baut Kunci Kontak Yamaha Vixion Kendor

Gak ada gading yang gak retak.
Dibalik banyak kelebihan Yamaha V-Ixion seperti frame deltabox, water radiator, fuel injection, monoshock suspension,  dan desain body yg ciamik, ternyata gw berhasil nemuin satu kekurangan fatal si vixy.
Yang gw maksud adalah baut pengikat kunci kontak ke stang motor.
Penasaran, gini penjelasannya..
Layaknya motor2 ‘laki’ lainnya, kunci kontak vixion terletak di antara stang dan speedometer. Ni kunci nempel ke segitiga stang dengan ngandelin 2 baut yg tersembunyi di bagian bawah segitiga [Penyangga-1 dan Penyangga-2]
kunci kontak vixion
Posisi ini memungkin kan kunci kontak buat ngeluarin ‘tongolan’ buat nahan bagian (a) [lihat gambar] sewaktu kunci diposisikan ke ‘lock’, alhasil stang pun terkunci dan gak bisa digerak2in. Kl ni baut dua2nya lepas, otomatis rumah  kunci kontak semuanya copot, dan stang gak kekunci lagi. Kurang lebih gitulah gambaran umum mekanisme penguncian stang di vixion.
CELAKANYA..
kedua baut di penyangga-1 dan penyangga-2 itu cuma baut biasa yang dipasang terbalik pula, yang namanya baut, dikencengin sekuat apapun, kl keseringan kena getaran tetep kebuka2 juga.
Inilah yang terjadi di motor gw, untung banget secara gak sengaja gw liat2 ke bagian itu, ternyata baut penyangga kunci kontak gw udah ngegelantung kayak di gambar, tinggal dikit lagi terjun bebas.
CELAKANYA LAGI..
Ni baut walaupun dah di posisi paling kenceng, kepala baut tetep nongol dikit, alhasil kl emng maling niat, bawa kunci kecil buat buka tuh baut, dapet deh satu motor.
[lho kq??]
iyalah, kl kedua baut udah dibuka, kan stang udah gak kekunci, dapet deh.
[tapi kan mesin ttp gak nyala]
kabel2nya kan ngejulur tuh, tinggal putusin semua trs sambungin kabel yg buat alirin listrik, idup deh tuh motor.
[tapi kan ribet]
ya walaupun ribet, dalam arti gak segampang pake kunci T, tetep aja gak ada salahnya kita memperkecil kemungkinan raibnya motor gara2 kelalaian kita sendiri.
Solusi..
Yang paling simple, setiap service rutin, minta tolong mekanik untuk ngencengin kedua baut tadi.
Kl Solusi yg agak beribet dikit, tambah perangkat keamanan dan guinakan kapanpun dimanapun, termasuk di halaman rumah sendiri.
Bisa Alarm, kunci piringan cakram, pasang gembok di standar tengah, dll.
Walaupun sedikit ngerepotin tapi gak serepot kl motornya ilang kan?

1 komentar:

  1. Salam blogger, perkenalkan saya adalah author
    www.jopir.wordpress.com

    Saya bangga tulisan saya bisa berguna bagi banyak orang, bahkan bisa membuat anda meng-copy tulisan saya.

    Dengan segala hormat dan kerendahan hati, saya akan sangat berterima kasih jika semua artikel yang anda copy dari blog saya, harap dilengkapi dengan alamat sumbernya, begitu pula dengan watermark pada image agar jangan di crop.

    Saya yakin anda cukup kreatif untuk membuat artikel dari pikiran anda sendiri. DAn tentu sebagai blogger anda menjunjung tinggi etika blogger untuk selalu meminta ijin dan mencantumkan sumber jika akan copy paste.

    Trims.

    -jopir-

    BalasHapus