Rabu, 02 Maret 2011

Plat Penyangga Cakram Belakang V-Ixion Custom

Gak lengkap rasanya sebuah Vixion tanpa cakram belakang, berasa kurang gahar, tongkrongan vixy yang sporty kurang hidup tanpa piranti ini. Solusinya gampang, di pasaran banyak banget dijual 1 set cakram belakang yang rata2 ngambil punyanya Satria 120R imitasi. Di Jabodetabek rata2 dilego bersih seharga Rp 600.000, produk boleh kelas dua, tapi kualitas siapa sangka.
Tapi masalahnya, di mana2 gak ada yg Plug n Play, alias semua komponen cakram udah sesuai dan tinggal pasang, penyangga master cakram ataupun pompa minyak harus dibuat custom oleh mekanik, tergantung mekanik dan permintaan, bisa bolongin swing arm / lengan ayun, bisa tetap pake besi penyangga tromol standar, atau juga bisa coba cara yang gw pake, pk plat penyangga swing arm. Penasaran?
Maksudnya disini adalah, gw minta mekanik bikinin penyangga master cakram yg simple tapi kuat dan tanpa bolongin swing arm [harganya jatoh bro kl swing arm bolong]. Alhasil muncullah ide bikin plat mirip huruf “L” untuk ngejepit swing arm, dan untuk pompa minyak rem, gw minta dibikinin dari plat. Gini kira2 detil nya
cakram vixion 1
Dibikin plat kira2 3mm, dengan ukuran kayak g dibingkai warna coklat. Dengan ngambil penyangga dari kedua baut yg ditunjuk panah.
cakram vixion 2
Untuk penyangga master, tetap menggunakan Plat Penyangga Master asli dari paket penjualan. Hanya saja untuk baut yang diberi panah, diganti dengan yg lebih panjang agar bisa lebih menonjol keluar dan bisa digunakan untuk penahan master di Swing Arm.
cakram vixion 3
Untuk penyangga bagian bawah, buat plat berbentuk huruf “L”, minimal ketebalan 3mm agar plat gak berubah bentuk seiring pemakaian. Lubangi di bagian atas seukuran dengan baut yg diberi panah pada gambar sebelumnya, trus plat disangkutin di baut.
cakram vixion 4
Kira2 gitu ilkustrasinya, garis warna coklat nunjukin posisi plat dibalik Swing Arm.
cakram vixion 5
Gini hasil akhirnya, simple bgt kn, penyangga master cakram sama simple dan sama kuatnya dengan sistem bolongin Swing Arm. Gambar merah adalah ilustrasi kira2 posisi plat penyangga.
cakram vixion 6
Gini penampilannya dari jauh, mantab.
Kuat dan rapi.

1 komentar: