Rabu, 02 Maret 2011

Arti Kode dan Simbol di Dinding Ban (Sample : Battlax BT45)

Kalo kita iseng2 liat di dinding ban, ada banyak bgt tulisan yg timbul, ada yg udah jelas maksudnya kayak merk ban, dll. Tapi ada juga yg cuma berupa angka2 gak jelas. Plus ada garis atau titik yg warnanya berbeda2. Tentunya ini punya maksud dan tujuan untuk nginformasiin ke user tentang spesifikasi ban tersebut.
Tapi masalahnya gak semua orang tau arti kode2 itu, termasuk gw [dulu :) ]
Nah makanya dsini gw mau share arti kode atau simbol di ban yg kita pake. Sebagai sample, gw ambil gambar Battlax BT45 gw.

1. Kode Seri, Kode Posisi Penggunaan  dan Thread Indicator
BT45
BT45 = Pasti dah pada tau, ni kode seri ban nya :p
R = Singkatan dari Rear,  artinya baik dari ulir grip dan struktur ban diperuntukkan untuk ban belakang.
F = Singkatan dari Front, artinya baik dari ulir grip dan struktur ban diperuntukkan untuk ban belakang.
Simbol segitiga (diatas angka 45)
= Disebut sebagai indikator batas pemakaian. Gambar segitiga pada sisi dinding ban merupakan batas akhir dari grip atau alur ban, kl dah nyenggol, buru2 harus ganti ban kl gak mau nyium aspal.
2. Ukuran, Beban Maksimal dan Kecepatan Maksimal Ban
size
Jenis kode ukuran kayak gini disebut Metric System, cara bacanya :
120 = Lebar ban dalam satuan milimeter (120mm)
80 = Tinggi dinding ban (80% x 120mm = 96mm)
17 = Ukuran diameter ban yaitu 17 inchi, artinya dipakai di velg 17 inchi juga
M/C = Medium Compound. selain medium ada juga kode S=Soft dan H=Hard, pada beberapa ban, ada tambahan MS = Medium Soft dan MH = Medium Hard.
61 = Beban maksimal yg bisa ditopang oleh ban untuk bekerja maksimal dlm satuan Kg. (61 = 257 kg)
    • 30=106, 31=109, 32=112, 33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128, 38=132, 39=136
    • 40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175, 48=180, 49=185
    • 50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230, 58=236, 59=243,
    • 60=250, 61=257
H = adalah kode kecepatan maksimal dalam satuan Km/Jam
(H = max 210km/jam)
kode kecepatan
3. Struktur Ban
bahan
Gak semua pabrikan ban ngecantumin struktur ban, tapi di Battlax ada nih.
- Tread adalah bagian tapak ban yang langsung bersinggungan dengan aspal, harus kuat terhadap benturan, tusukan yang dapat merusak ban. memberikan daya lengket ke aspal dan daya tahan ban karena gesekan. Jadi Tread ban tersebut terdiri 3 lapisan nylon.
- Side wall adalah bagian dinding samping kiri dan kanan ban. Berfungsi sebagai penopang ban. Jadi side wall ban tersebut terdiri 2 lapisan nylon.
4. Usia Produksi dan Tempat Pembuatan Ban.
made in
PAD = kode produksi dari pabrik, gak penting :)
3608 = bulan pembuatan ban (brrti disini minggu ke 36 di tahun 2008 = Agustus 2008)
Made In Japan = :) :) :)
5. Beban dan Tekanan Maksimal Ban.
max load
Max Load = Lagi2 disini diinformasiin Max Load, gak cuma pake kode, ternyata produsen ttp kasih bginian, biar lebih gampang dimengerti konsmen kali ya??
41 PSI cold = Tekanan max ban utk bekerja maksimal adalah 41 PSI dalam kondisi ban dingin (motor gak abis dipake jalan).
6. Arah Rotasi Ban.
rear only
Rear Use Only = Sama kayak tekanan ban, gak puas pake kode, jadi ditulis kayak gini. :)
Arah panah = Menunjukkan arah rotasi ban, jangan samapai dibalik, karena ulir ban udah dibikin untuk hanya satu arah, yaitu sesuai arah panah ini.
7. Jenis Ban
Image_00034
Pada merk lain ada yg nulis TT dan TL.
TT = Tube Type (harus pakai ban dalem)
TL = Tubeless
Selain simbol2 dan keterangan diatas, sebenernya ada lagi lho, tapi gak bisa gw tampilin gambarnya, krna ni ban dah kepalang dipake ratusan Km, tanda yg gw maksud dah keburu ilang :)
SIMBOL GARIS WARNA.
Simbol garis warna ini ada di lapisan kembangan yang belum pernah dipakai untuk menandakan ban tersebut masih baru. Karena lapisan ban ini paling luar pada kembangan/pattern maka jika ban lama dipakai akan habis. Garis warna ada yang satu tetapi ada juga yang lebih dari satu warna, dan tiap pabrikan biasanya punya warna berbeda misal putih, merah, kuning, biru dan hijau.
SIMBOL BALANCE.
Simbol balance biasanya berupa bulatan pada dinding ban, tanda bulat dengan warna berbeda-beda tiap pabrikan misal kuning, merah ataupun biru. Tanda balance ini harus diperhatiin waktu pemasangan ban, karena itulah titik paling ringan dari tiap ban, di titik itu pula posisi pentil harus sejajar. Karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.

1 komentar:

  1. Salam blogger, perkenalkan saya adalah author
    www.jopir.wordpress.com

    Saya bangga tulisan saya bisa berguna bagi banyak orang, bahkan bisa membuat anda meng-copy tulisan saya.

    Dengan segala hormat dan kerendahan hati, saya akan sangat berterima kasih jika semua artikel yang anda copy dari blog saya, harap dilengkapi dengan alamat sumbernya, begitu pula dengan watermark pada image agar jangan di crop.

    Saya yakin anda cukup kreatif untuk membuat artikel dari pikiran anda sendiri. DAn tentu sebagai blogger anda menjunjung tinggi etika blogger untuk selalu meminta ijin dan mencantumkan sumber jika akan copy paste.

    Trims.

    -jopir-

    BalasHapus