Rabu, 02 Maret 2011

Busi Iridium (IU24) di Yamaha Vixion

Berawal dari kunjungan ke Yamaha Asean Cup Race tanggal 29 November yang lalu, iseng mampir ke stan TDR, ada banner gede bertuliskan “TDR Super Iridium Spark Plug“.
Wedew, busi iridium ya, jadi inget deh obsesi evolusi si vixy, wah pas bener, tapi TDR? yakin bisa bikin busi, Usut punya usut dy juga kerjasama ma perusahaan busi luar [yg namanya juga baru gw denger], jadi intinya cuma numpang nempel merk doang, kesimpulannya.. gak berani ah!
Akhirnya, ngelangkah beberapa tapak, eh ada stan Denso, khusus promosiin “Denso Iridium Power Spark Plug“. Tanya ini itu ke SPG nya, trs angkut deh [businya doang, SPG nya nggak].  Dan akhirnya setelah dipasang di Vixion, br deh gw brani kasih review tentang busi ini.
Kenapa harus busi Iridium :
Nah ini dia yg jadi pertanyaan pertama gw, dengan harga yg mahal, apa sih kelebihan busi iridium?
Dari berbagai sumber gw rangkum.
1. Iridium adalah material dengan titik lebur tertinggi dibanding material lain, bahkan gold sekalipun.
Makin tinggi titik lebur suatu material elektroda, makin baik konsentrasi pengapian yg bisa dihasilkan oleh elektroda tersebut.
2. Lebih irit BBM.
karena proses pengapian jadi lebih baik, konsumsi BBM akan lebih irit. Berdasarkan pengujian di 2 motor 50cc menggunakan Busi Iridium Denso IWF22 dibandingkan Busi standar Denso W20FS-U. Hasilnya silahkan lihat di gambar. Terjadi peningkatan sekitar 5%. Tapi inget, konsumsi BBM tetep tergantung bgt dgn cara berkendara si penunggang kuda besi lho.
Kl di Vixy.. masih gw tes, naiknya brp persen, ntar kl dah dapet angkanya pasti di-update :D
3. Horse Power Meningkat.
Grafik diatas adalah hasil pengujian menggunakan motor 250cc, mesin V, 2silinder, dengan radiator.
Hasilnya bisa dilihat di grafik, antara Busi Iridium Denso, Iridium merk lain dan Busi Standar Denso. Terjadi peningkatan 1,4 % jika dibandingkan antara Busi Iridium dengan Busi Standar.
4. Akselerasi Meningkat.
Grafik diatas membandingkan Busi Denso Standar dengan Busi Denso Iridium, menggunakan motor 250cc, mesin V, 2silinder, dengan radiator. Hasilnya terjadi GAP waktu 0,7 detik | dan GAP jarak sejauh 6m.
Wah kok bisa ya semuanya meningkat?
Intinya hal ini dikarenakan pada busi Denso Iridium, pengapian yg terjadi lebih besar dari sebelumnya dan terkonsentrasi karna bidang loncatan api sangat kecil dibandingkan busi biasa, hanya 0,4 mm, hampir terlihat seperti jarum.
Kok api jadi lebih besar?
karena pada busi Denso Iridium, elektroda ground berbentuk “U”, sedangkan pada busi lain hanya berupa bidang datar.
[gambar]
Hal ini memungkinkan dengan gap antar elektroda yang sama [0,8 - 0,9 mm], pada busi Iridium terdapat ruang untuk terjadi api yang lebih besar.
Katanya Busi Iridium Mahal :
Bener bgt, harganya bisa 10x lipat harga busi standar. Kenapa? karena material iridium emng harganya mahal, termasuk material yg jarang di bumi. Untuk diaplikasikan di busi, butuh teknologi pengelasan laser, dan ini gak murah harganya. Simplenya.. kl gak terima kenapa ni busi mahal, bikin aja sendiri, wkwkwk :D
Kenapa Denso :
Denso adalah busi dengan diameter elektroda iridium terkecil di dunia yaitu 0,4 mm, merk lain masih berkisar di 0,5 – 1,0 mm. Busi standar, besarnya 2,5 mm. Prinsipnya, makin kecil elektroda, makin fokus pengapian. loncatan api gak akan lari2 dari sisi bidang satu ke yang lainnya seperti yg terjadi di busi standar.
Cara Perawatan busi Iridium :
Nah ini harus hati2, pada busi Iridium, bisa dibilang maintenance free, karena kl kondisi mesin normal, dan tipe busi yg digunakan sesuai dengan spek mesin, kotoran karbon yg terjadi dapat lenyap karena terkena efek pembakaran yang terjadi, alias ni busi bisa bersihin diri sendiri.
Kalopun dibersihin, cukup semprot bagian elektroda dengan angin kompresor bertekanan rendah, jangan sekali2 disikat menggunakan sikat kawat atau amplas, karena bakal merusak mata elektroda dan mengikis lapisan iridium. Sayang bgt, kan yg bikin mahal si iridiumnya, material yg jarang bgt ditemuin di muka bumi.
Tipe Busi Iridium :
Beda motor tentunya beda jenis busi, untuk vixion, gunakan Denso Iridium IU24, untuk kebutuhan khusus, bisa gunakan yg lebih panas atau dingin, semisal IU 22 atau IU 27.
Apakah harus ada part yg diganti biar bisa pake busi iridium ?
Vixion standar bisa lgsg PnP pake busi Iridium, bagian atas busi yg gede warna kuning bisa dilepas, dan ulir di dalemnya pas buat kepala busi standar.
Bukannya Busi Iridium Hanya Untuk Balap ?
Emg bener, busi iridium sering bgt kita temuin dipake di motor / mobil balap, contohnya di motoGP ato di Yamaha Asean Cup Race kemaren, busi Denso Iridium jadi busi resmi dsana. Busi Iridium mampu nyediain pengapian yang besar dan fokus, jadi untuk nyari settingan yg pas juga gak nyusahin. Tapi untuk motor standar dan kegunaan harian juga gak masalah kq, toh performa tetep naik, walaupun gak segede di motor balap atau racikan khusus.
Masa Pakai Busi Denso Iridium.
Orang Denso nyebutin kl usia busi Denso Iridium antara 6 bulan – 1 tahun, semua tergantung setting mesin (stelan CO yg pas), pas atau nggaknya tipe busi dg suhu daerah tsb, kebutuhan pemakaian (harian atau kebut2an) dan perawatan. Karena walaupun maintenance free, tp kl setting mesin kurang pas, tetep ada sisa karbon pembakaran yg mengendap, tetep harus dibersihin walopun cuma ditiup2 doang, krna kotoran ini ngehalangin elektroda buat ngehasilin api yg maksimal biar mesin gak brebet.
Spesifikasi Busi Dendo Iridium buat Vixion
Type Diameter Reach Hex Gap Projection Spark Position Electrode Height Terminal Shape Resistor Barcode Product Number
IU24 10 mm 19mm 16 mm 0.9 mm -0.5 mm 0.7 mm 2.6 mm Resistor 5 k-ohm 0 42511 05362 5 067700-9270
Buat motor lain, silahkan cek disini untuk tipe busi Denso iridium yang harus digunakan
Review Pemakaian di Vixion :

Sayang banget gw belum bisa bicara banyak disini, krna artikel ini juga dibikin baru 2 hari sejak gw beli, jadi lum bisa ngetes, ntar deh gw update lagi.
Yang jelas, sementara ini yg udah bisa gw buktiin :
- Dari beli kan vixion dikasih busi Denso Standar, begitu 1 tahun gw ganti busi, dikasih ma dealer busi NGK standar [yang kotaknya merah itu tuh], pas dipake terasa bgt performa mesin turun, agak ngeden dan kadang brebet. Lum pasti sih ini gara2 businya yg jelek atau GAP antar elektroda nya yg gak pas [gak punya jangka sorong buat ngukur], tapi yg jelas bgitu pake ni Denso Iridium, tenaga mesin dah berasa kayak sediakala.
- Dengan busi standar, di gigi 5 | kec 60kpj gw dapet di rpm 5.000, begitu pake Denso Iridium, kecepatan segitu udah bisa gw dapet di rpm 4.500.
Didapat dengan kondisi :
Mesin & Exhaust Standar | Velg Racing Power 3.5″ | Battlax BT45R 120/80 | 14:44 Gear ratio | Rear disc brake
Oh iya, buat patokan harga, ni busi gw tebus seharga Rp 90rb | per tanggal 29 nov 09
Untuk tipe busi yang digunakan oleh selain Vixion,  silahkan cek disini.
*) warna = konten yg diupdate

1 komentar:

  1. Salam blogger, perkenalkan saya adalah author
    www.jopir.wordpress.com

    Saya bangga tulisan saya bisa berguna bagi banyak orang, bahkan bisa membuat anda meng-copy tulisan saya.

    Dengan segala hormat dan kerendahan hati, saya akan sangat berterima kasih jika semua artikel yang anda copy dari blog saya, harap dilengkapi dengan alamat sumbernya, begitu pula dengan watermark pada image agar jangan di crop.

    Saya yakin anda cukup kreatif untuk membuat artikel dari pikiran anda sendiri. DAn tentu sebagai blogger anda menjunjung tinggi etika blogger untuk selalu meminta ijin dan mencantumkan sumber jika akan copy paste.

    Trims.

    -jopir-

    BalasHapus