Rabu, 02 Maret 2011

Stang Kawasaki Ninja 150R di Yamaha Vixion

Yang bakal gw ulas kali ini adalah penggunaan stang original kawasaki ninja 150R yang model batang di vixion, ni stang kayaknya emang laris manis buat dijadiin barang substitusi karna bentuknya yang bikin hati kepincut. Modelnya landai, jadi bisa bikin kesan bagian depan motor jadi rendah dan berkesan sporty.
Nah gimana soal pemasangan? apa2 aja yang perlu disiapin? berapa budget yg harus keluar? gimana riding performance setelah pemasangan? monggo simak review berikut
Persiapan:
Yang harus disiapin disini yang pasti adalah stang nya, [nenek gw juga tau] haha..
dan juga bandul stabilizer stang [jalu] punyanya ninja. Kenapa? karena sistem pengikat bandul antara vixion dan ninja berbeda, jadi punyanya vixy gak bisa dipakein di stang ini.
Trus dalam memilih stang usahakan jangan ketipu sama yang imitasi, banyak banget stang kawak 150 imitasi bertebaran di muka bumi, dibanderol sekitar 40rb, stang imitasi ini ringan dan krom nya terlihat gak bagus, alias gampang karat. So modalin dikit buat yang original dg modal nyentuh angka ratusan ribu, yang penting bahan kuat dan krom kualitas wahid, dipake buat stoppie [angkat ban belakang] juga jadi gak was was.
Pemasangan:
1. Copot2in segala kabel mengabel, handle grip, jalu, dudukan spion dan penyangga stang biar stang yg lama bebas dilepas, mblasss..
stang ori vixi
2. Bor 2 buah lubang di bagian kanan n kiri stang utk dudukan baut. Posisinya, lihat panah warna biru di gambar diatas. Hati2 pas bikin lobang, kl salah ukur overall stang jadi keliatan panjang sebelah atau bisa juga posisi panel2 gak balance antara kanan n kiri.
3. Pastinya pasang stang baru plus panel kan-kiri dan atribut2 lain yang tadi dah dilepas. Jangan lupa jalunya ya..
Review:
Setelah pemasangan, begitu duduk pertama kali, plekK..!
stang berasa lebih rendah dan lebih lebar dari standard-nya, tapi perubahannya gak signifikan bgt kq. Berasa feel nya jadi beda, gw jamin setelah ganti stang ini pasti brother semua jadi demen riding vixy sambil senyum2 utk beberapa sampe saat sampe akhirnya terbiasa dan pemakaian kembali normal.
Berikut perbedaannya..
Tampak depan
atas1atas2
Tampak samping
samping1samping2

Tampak belakang

belakang1belakang2
Dari komen yg masuk ke blog ini, banyak yg khawatir stang mentok ke tangki bensin.
Emng bener sih, logikanya stang ini lebih rendah dari stang standar, kl kita pasangnya bener2 persis posisi kayak orisinil di ninja 150R, emng mentok tangki bro, jadi solusinya, sewaktu pasang diukur dulu, stang agak diputer kearah atas [diangkat], disesuaikan dengan tangki biar gak mentok.
Kelebihannya adalah stang ini lebih lebar dan lebih rendah [dikit] dari ori nya vixy.
Bikin tampilan jadi sporty karna berasa nungging2 gt [nyatanya gak juga sih] :) , trus handling jadi lebih manteB karna stang agak lebar.
Tapi kekurangannya, kalo dibawa long trip, niscaya bakal ngerasain nyeuri..3x di pinggang dan pergelangan tangan.
Solusi, coba normalin riding position dengan penggunaan raiser stang yg byk dijual di pasaran, tapi jd gak keliatan nunduk lagi :(
Dilema nih, tapi kl gw sih, rela sakit demi gaya, hiks..
Tips:
Oh ya, penggantian stang kayak gini bakal lebih afdol kl disertai dengan nurunin batang shock depan lho, bagian depan motor jadi terlihat lebih tebel.

1 komentar:

  1. Salam blogger, perkenalkan saya adalah author
    www.jopir.wordpress.com

    Saya bangga tulisan saya bisa berguna bagi banyak orang, bahkan bisa membuat anda meng-copy tulisan saya.

    Dengan segala hormat dan kerendahan hati, saya akan sangat berterima kasih jika semua artikel yang anda copy dari blog saya, harap dilengkapi dengan alamat sumbernya, begitu pula dengan watermark pada image agar jangan di crop.

    Saya yakin anda cukup kreatif untuk membuat artikel dari pikiran anda sendiri. DAn tentu sebagai blogger anda menjunjung tinggi etika blogger untuk selalu meminta ijin dan mencantumkan sumber jika akan copy paste.

    Trims.

    -jopir-

    BalasHapus