Rabu, 02 Maret 2011

Gear Scorpio (44) di Yamaha Vixion

Seneng dandanin tampilan vixion, pasti salah satu hal yg dilirik adalah sektor kaki2, mulai dari ganti velg lebar hingga ganti ban besar biar tampilan cingkrang vixy bisa jadi gagah.
Semua sah2 saja, namanya juga selera, tapi yang jadi masalah, dengan adanya perubahan tsb, brrti ada perubahan bobot velg+ban, dan lazimnya, velg racing aftermarket bobotnya jauh lebih berat dari velg ori nya vixy, begitu juga dengan ban, makin gede tentunya makin berat. Alhasil, performa mesin menurun, motor terasa “ngeden” kalo dipake jalan.
Nah buat yg ngalamin hal ini gw punya trik yg aman plus murah meriah buat ngatasin hal ini. caranya
Prinsipnya sama kayak sepeda gunung [mountain bike] yg [normalnya] punya 3 gear di depan dan 6 gear di belakang yg ukurannya bervariasi mulai dari yg kecil hingga besar. Kalo kita pake ni sepeda, tentunya kita mulai dengan gear belakang paling besar, lalu secara perlahan2 diganti ke ukuran gear paling kecil. Hasilnya kita pun gak perlu capek2 ngayuh sepeda sekuat tenaga, alias sepeda jadi berasa ringan dibandingin dengan ngayuh sepeda BMX yg cuma punya 1 gear. Tapi efek lainnya, dengan gear belakang ukuran besar akan sulit dicapai kecepatan maksimum, akan jauh lebih mudah ngebut kl pake gear belakang kecil. 8)
Nah gitu juga di vixion,
insinyur Jepang dah capek2 bikin itung2an ukuran besar gear depan dan belakang yg pas dengan bobot ban+velg ori. Salut buat mereka yg dah nemuin ukuran pas nya, jadi antara akselerasi dan top speed bisa diraih secara maksimal.
Nah berhubung ban+velg ori udah diganti dengan yg aftermarket yg beratnya naudzubillah, berarti ukuran gear juga harus diitung ulang dunk.
Ukuran gear standar vixy adalah
Depan = 14 mata gear | Belakang =42 mata gear
Atau bisa dibilang rasionya = 42 : 14 = 3
Nah berpedoman dengan prinsip sepeda gunung tadi, jadi simple nya tambah gedein aja ukuran gear belakang, karena
Top speed / Berat << Rasio Normal [3] >> Akselerasi / Ringan
Dari itung2an gw yg bukan insinyur :) , gimana kl gear belakang diganti ma punyanya Scorpio
Depan = 14 mata gear | Belakang = 44 mata gear
Rasio = 44 : 14 = 3,14
Kenapa gear scorpio :
1. Bisa naikin rasio sebesar 0,14 yg gw pikir cukup untuk bikin ringan [kayak standar] tarikan tapi gak bikin top speed turun.
2. Gear dan rantai ada banyak jenisnya, nah yg paling mendekati secara dudukan baut, ketebalan gear dan jenis rantai yg dipake adalah scorpio. (Tipe 428).
Tentunya semua artikel ttg vixion di blog ini udah gw cobain di vixy gw, biar gak dibilang asal ngomong :D
Buat yg pengen cobain monggo ikutin langkah2 berikut.
Persiapan :
Tentunya yg harus disiapkan adalah Gear Belakang Scorpio, sayangnya, untuk gear original [merk SunStar] gak bisa dijual ketengan /per part, alias harus dibeli utuh satu set [Gear depan, Gear Belakang dan Rantai] seharga hampir setengah jut. wew…
Buat ngakalinnya, bisa coba produk Indopart, gear belakang scorpio dijual seharga Rp 45rb saja :) 
Pemasangan :
Gak ada yg perlu dikhawatirin soal pemasangan, karena gear scorpio bisa plug n play dipasang di vixion. Dari dudukan baut, ketebalan bahkan design nya sama persis. Kakak-adik sih ya.. Yang beda cuma jumlah matanya aja.
Buat yang udah terlatih bongkar2 roda belakang sih penggantian pasti gak lebih dari 15 menit.
Efek Samping :
Buat yang ngerasa khawatir dengan efek samping dari penggantian, tenang aja bro.
Scorpio pake rantai tipe 428V dan jumlah rantai sebanyak 118 buah.
Vixion pake rantai tipe 428HD dan jumlah rantai sebanyak 120 buah.
Yang perlu disoroti adalah bahwa kedua motor ini menggunakan rantai Tipe 428, artinya ukuran jarak bagian dalam antar plat rantai adalah sama.
Jadi walaupun hanya ganti gear belakang aja [gear depan dan rantai pke ori vixy] gak akan ada masalah.
H dan V hanya simbol jenis rantai, yaitu dengan sistem O-ring atau Biasa dan kode beban maksimal yg mampu ditahan rantai agar gak sampai putus.
Hasil :
Vixion gw pake Velg Power 3.5″ dan Ban Bridgestone Battlax BT45 F=100/80 R=120/80, Busi Denso Irridium IU24, Pertamax.
Setelah pake gear belakang Scorpio, masalah “ngeden” udah bisa diatasin, sekarang tarikan awal udah bisa dikatakan sama kayak Vixy standar.
Untuk Top Speed [pengetesan terakhir di gatot subroto pkl 23:45 WIB] dapet di angka 120kpj.

6 komentar:

  1. vixi ane cuma pake knalpot zox(thai), top 1 api SL 15w-40, lupromax cairan tambahan oli, co 15, sama pake 9 power 2bh bisa tembus 140 kpj.
    walau 130-140 ngap2an. tp semua.a standar pake premium, busi pabrikan
    ane kepengen ganti gir belakang scorpio, mungkin speednya bisa 150kpj

    BalasHapus
  2. ah saya mo coba bro...pake gear belakang scorpio.

    BalasHapus
  3. Salam blogger, perkenalkan saya adalah author
    www.jopir.wordpress.com

    Saya bangga tulisan saya bisa berguna bagi banyak orang, bahkan bisa membuat anda meng-copy tulisan saya.

    Dengan segala hormat dan kerendahan hati, saya akan sangat berterima kasih jika semua artikel yang anda copy dari blog saya, harap dilengkapi dengan alamat sumbernya, begitu pula dengan watermark pada image agar jangan di crop.

    Saya yakin anda cukup kreatif untuk membuat artikel dari pikiran anda sendiri. DAn tentu sebagai blogger anda menjunjung tinggi etika blogger untuk selalu meminta ijin dan mencantumkan sumber jika akan copy paste.

    Trims.

    -jopir-

    BalasHapus
  4. alhamdulillah ada yg ksih solusi....
    xivieQ jlnx agak dudut stlh gnti ban lebar....matur tq mas bro....

    BalasHapus
  5. Anda dapat memodikasi motor anda dengan,
    DAFTAR GRATIS
    Sambil Online membuka situs forum , blog , komentar , chat room , chatting , facebook dinding , halaman facebook , kelompok , twitter , situs ptc , situs iklan, kita mendapatkan penghasilan yang terbilang lebih dari lumayan.
    Anda mendaftar gratis, jadi kalaupun anda registrasi anda tidak dirugikan sama sekali, pada awalnya anda akan diberikan modal 25 $ dan seterusnya Anda bisa mendapatkan tanpa batas , itu semata-mata tergantung pada usaha Anda dan seberapa banyak Anda bekerja untuk mempromosikan link anda . Banyak dari anggota kami berpenghasilan lebih dari $ 200 per hari dan 5.000 $ + per bulan.
    Kita tidak akan sukses apabila kita tidak mencoba memulai mengerjakan sesuatu dengan keyakinan kita sendiri, Cobalah pasti Anda tidaka akan rugi !!!
    Caranya :
    Anda hanya perlu open link di bawah dan register sebagai member.
    Mendaftar langsung broadcast !!!
    Anda berminat untuk mencoba, klik http://invite4job.com/?id=46508

    BalasHapus
  6. Gear depan + belakang scorpio bisa dipasang di vixion nggak gan?

    BalasHapus