Rabu, 02 Maret 2011

Cakram Belakang (Rear Disc Brake) di Yamaha Vixion

Hehe.. setelah dipendam sejak lama, akhirnya terealisasi juga. Pemasangan cakram ini sebetulnya sih bukan kebutuhan mendesak bgt, dilihat dari segi performa, rem tromol di ban belakang V-Ixion juga gak kalah ajib sama pengaplikasian cakram. Deselerasi motor tetap sempurna, hanya mungkin untuk V-Ixion yang udah ganti velg & ban gambot, ngerem agak kurang pede mengingat bobot keseluruhan ban dan velg yg telah bertambah. Kl menurut gw lebih tepat kl perubahan ini lebih disebabkan alasan fashion. Kenapa?
Karena rasanya kl diliat2, motor gede itu kurang gahar tanpa cakram belakang, malah lebih bagus lagi kl depan dipasang dobel disc, tapi sih gw pikir untuk body vixy yang agak ramping, single disc di ban depan juga udah cukup, mgkn bagi yg kurang puas bolehlah diganti ke piringan yg lebih besar dari ukuran standar. Saran saya sih bisa coba produk PSM di kisaran harga 320rb-400rb (berbeda di tiap daerah), terbukti kuat.
Disc belakang yang gw pake disini adalah full set untuk Suzuki Satria 120R, mereknya Nissin, di master dan pompa minyak tertulis label NISSIN [cetakan timbul]. Kl anak motor bilang ni produk no.2, kl gw bilang sih ini imitasi, hehe.. :)
Gak apa2, so far so good kq, dan dah terbukti aman2 ja, dpake kenceng ayo.. dpake pelan ya monggo.
1 Set cakram (Master, Piringan, Pompa, Tabung Minyak Rem, Selang, Adaptor/dudukan master) plus ini itu (custom) dan biaya pasang gw tebus seharga Rp 600.000, pkknya terima beres, rata2 tiap bengkel yg gw datengin sh emng kasih harga mentok sgitu, perbedaannya cuma di master dan ketelitian pemasangan.
Oh ya, gini hasilnya kl dah ditemplokin ke vixyvixy-cakram
Gw pasang ni cakram di LA Motor, Jl. Raya Kalimalang Bekasi. Lama pemasangan sekitar 6-8 jam, kq lama? krna sebanding ma hasilnya, rapi dan presisi bro!
Oh ya, sebelum berencana pasang cakram belakang, ada baiknya kalian tau hal2 berikut, ni gw tulis bdsrkan pengalaman gw pake ni cakram.
1. Cari bengkel yg peralatannya lengkap, kunci, baut2, gerinda, alat press dll. Knp? Karena paket penjualan Rear Disc Brake gak ada yg Plug n Play, semuanya custom, jd pinter2nya bengkel, mekanik ma alat yg tersedia.
2. Lebih baik kita dah kenal ma mekaniknya, pemasangan bisa lebih hati2 dan presisi. Knp? Karna pemasangan Cakram ini rawan, kl dudukan gak kuat, master bisa miring yg hasilnya muncul bunyi2an aneh plus perputaran ban agak  seret alias keset, disc jg bengkok, atau parahnya ban bisa ngunci dijalan.
3. Dampingi mekanik saat pemasangan, knp? karna minimal kita bisa tau step by step pemasangan, bisa nambah ilmu plus tau kl misal ada knp2 di jalan. Tapi inget, jgn terlalu sering ngerecokin, ksian mekaniknya, gawenya jadi gak konsen.
4. Jangan Ekstrim, mksdnya, usahakan agar perubahan yg kamu lakuin masih bisa dikembalikan ke posisi standar, knp? karena kalo2 ni motor mau dijual, kerusakan body bisa jadi faktor pengurang harga jual. Contoh kmrn lengan ayun gw mau dibor buat dudukan master, untung respon cepet, jadi lum sempet di bor dah gw stop, krna masih byk cara bikin dudukan master yg lebih baik daripada bor lengan ayun. Klik disini untuk lihat review dudukan cakram yg gw pake.
5. Uang Tips, bgitu selesai pemasangan, kasih uang tips, jadi kl besok2 ni cakram knp2, kl kita balik ksana dy bakal dg senang hati beresin keluhan kita.
6. Rem Blong, jgn takut kl setelah pemasangan, ban kamu gak bisa langsung ngesot kl dibejek rem, karena pada tahap awal pemakaian, masih diperluin penyesuaian antara kampas rem dan piringan, kampas masih harus bikin luka di tapak piringan, luka yg gw maksud adalah garis2 yg muter ngikutin bentuk bulatnya piringan, bgg? coba lihat Disc depan kamu deh, ada garis2 nya kan, nah sekarang bandingin ma yg di belakang, beda kn??
7. Deteksi pemasangan cakram, caranya adalah
- posisikan motor di standar tengah, putar ban belakang pake tangan, lebih keset dari biasanya gak? harusnya, pemasangan cakram gak begitu berpengaruh ke kekesetan putaran roda, kl kesetnya kelewatan, brrti posisi master lum begitu pas, masih perlu digeser ke kanan/kiri menggunakan ring baut (kita menghadap searah motor).
- dengan posisi yg sama, hidupkan mesin, masuk ke gigi 1, biarkan ban berputar. Teliti, ada suara2 aneh gak? kl ada, cek lagi pemasangan master.
- ajak motor jalan2 sekitar 15 menit tanpa menggunakan cakram belakang, kl ngerem pake cakram depan aja, setelah selesai, pegang piringan cakram belakang, panas bgt gak? standarnya mungkin gini, kl kamu tahan nempelin jari di tuh cakram 10 detik aja, brrti pemasangan normal, tapi kl panasnya sama ato bahkan lebih panas dari cakram depan (yg digunakan sepanjang jalan td), brrti pemasangan masih lum beres, sesuaikan posisi master.
8. Cari bengkel lain. Semisal ada masalah di pemasangan, dan setelah komplain ke bengkel tempat pemasangan, tapi ttp gak ada hasil, baiknya kamu cari bengkel lain yg lebih bisa dipercaya, makin besar makin baik, tapi gak perlu sampe ke bengkel resmi.

PSM Floating Disc 320mm di Yamaha Vixion

Hari ini genap seminggu gw pake ni piringan cakram, menurut gw udah cukup mewakili untuk gw bikin reviewnya.
Baiklah, mungkin trend modif dengan ganti piringan cakram lebar udah bisa dibilang basi, tapi sampe sekarang ttp byk peminatnya. Yang perlu digarisbawahi adalah cakram lebar gak sembarang lebar lho, trs ada istilah Floating sgala, makanya gw pilih merek PSM .
Pengen tau lebih? monggo disimak penjelasan berikut
Piringan cakram secara modelnya bisa kita bagi 2, yaitu tipe Floating dan non Floating.
Contoh tipe non Floating adalah kayak piringan cakram standar bawaan pabrik, keseluruhan disc dibuat dari bahan yang sama dan semua menyatu satu kesatuan. Sedangkan tipe Floating adalah piringan cakram yg terdiri dari 2 bagian body yg disatukan menjadi sebuah piringan cakram, contohnya yg ngetop adalah produk PSM atau TZM.
psm
[Untuk PSM silahkan lebih lanjut di amsracingparts.com]
Cakram Floating awalnya hanya dibuat utk spec balap, tapi lama kelamaan mulai diproduksi massal. Nah mulai lah kelakuan contek mencontek muncul, mulai byk beredar cakram floating tiruan. Tapi tenang, membedakannya gampang kq.
Ciri cakram Floating adalah :
1. Cakram terdiri dari 2 bagian yaitu bagian untuk baut dan bagian yg bergesekan dg kampas rem.
2. Kedua bagian mempunyai bahan yg berbeda.
3. Kedua bagian mempunyai jarak sekitar 2-3 mm
4. Kedua bagian disatukan dg cara knock down, menyerupai bulatan mirip ring baut. [disinilah bedanya dengan yg tiruan, pada cakram tiruan, sambungan kedua bagian ini hanya merupakan hiasan, cakram hanya terdiri dari 1 bagian, tetapi di bagian sambungan dibuat seolah cakram adalah 2 bagian terpisah].
5. Karena cakram terdiri dari 2 bagian yg terpisah maka piringan bagian medan pengereman bisa ‘oblak’ mengikuti sodokan kampas rem. Pergeserannya sekitar 1-2 mm.
psm float
Kelebihannya :
1. Karena piringan bisa oblak mengikuti kampas, maka pengereman yg dihasilkan lebih maksimal. Terlebih diameternya yg lebih lebar, tentunya lebih bisa diandalkan utk pengereman emergency.
2. Pelepasan panas akibat gesekan lebih maksimal, karena luas permukaan lebih besar.
3. Hilangnya resiko cakram bengkok akibat panas, karena bagian untuk baut dan bagian untuk gesekan berbeda, panas dari bagian cakram yg bergesekan dengan kampas tidak akan menjalar ke bagian untuk baut.
Pemasangan di V-ixion :
vixion modif
Pemasangan bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa kendala, karena Plat tambahan untuk naikin posisi cakram udah dibuat khusus untuk V-ixion. Baut tambahan pun sudah disediakan.
Yang menjadi perhatian adalah panjang baut, kl bisa sih diganti ma yg ukuran panjangnya pas, karena posisi mur nya mepet dengan piringan.
psm close ring
Test Ride :
Untuk 1-2 hari setelah pemasangan, pasti fungsi cakram belum terasa, malah bisa dibilang ngeblong. Hal ini wajar karena kampas harus menyesuaikan dulu dengan piringan. Tandanya adalah seperti pada gambar pertama yg gw lingkarin, tanda gesekan cakram dengan kampas belum merata. Setelah dipakai beberapa kilometer dan guratan di piringan cakram udah rata, baru deh berasa. Mangstab jaya…!! Terutama yg hoby freestyle, buat stoppie jd gampang bgt.
Ni cakram juga udah berjasa bantu satu anak kucing tuk tetep bisa menikmati dunia, taulah kenapa :)

Double Up Keamanan Yamha Vixion

Yang namanya kehilangan pasti gak enak bgt, ilang duit 50rb aja bikin bete seharian, palagi kl motor?? duh naudzubillah.
Artinya perketat keamanan si V-Ixion tercinta, caranya byk, bisa dgn penambahan kunci roda, pemasangan kunci cakram ataupun penambahan alarm. Kesemuanya adalah perangkat tambahan.
Tapi tau gak kl sebenarnya para designer motor udah care soal keamanan tunggangan kita, hal ini terbukti dengan adanya satu lubang untuk pemasangan gembok di standar tengah motor kita
Fitur keamanan satu ini sebetulnya udah lama banget ada, yang gua tau dari pas gua baru kenal motor sekitar tahun 1993, di Honda Astrea Grand punya bokap udah ada lubang ajaib ini, tapi sayangnya gak semua orang memanfaatkannya dengan baik, dan bahkan ada temen gw yg baru tau soal lubang ini bbrpa bulan yg lalu, dgn polosnya dy bilang
oh tu buat gembok ya, gw kirain model standarnya doang
Letaknya
kunci vixion1
Letak lubang ini adalah di standar tengah (B), kl kita pakai standar tengah, lobang ini akan pas berpapasan dengan satu lubang lagi di rangka body (A), alhasil kl kita masukin gembok di lubang ini, standar tengah gak bakal bisa diturunin.
kunci vixion2
Karena letak lubang ini tersembunyi dan masih jarang yg gunain, so pasti maling gak bakal nyadar kl ada gembok dsini, biasanya cara kerja mereka kan pk kunci T, begitu stang udah bobol, motor lgsg dijalanin, kebayang kan kl dy kelabakan gara2 standar tengah gak mau diturunin, paling 1-2 kali coba gak bisa lgsg deh ditinggalin.
Insya Allah aman, emng sih gak 100%, ya minimal kan kita udah usaha.

Waspada!!Baut Kunci Kontak Yamaha Vixion Kendor

Gak ada gading yang gak retak.
Dibalik banyak kelebihan Yamaha V-Ixion seperti frame deltabox, water radiator, fuel injection, monoshock suspension,  dan desain body yg ciamik, ternyata gw berhasil nemuin satu kekurangan fatal si vixy.
Yang gw maksud adalah baut pengikat kunci kontak ke stang motor.
Penasaran, gini penjelasannya..
Layaknya motor2 ‘laki’ lainnya, kunci kontak vixion terletak di antara stang dan speedometer. Ni kunci nempel ke segitiga stang dengan ngandelin 2 baut yg tersembunyi di bagian bawah segitiga [Penyangga-1 dan Penyangga-2]
kunci kontak vixion
Posisi ini memungkin kan kunci kontak buat ngeluarin ‘tongolan’ buat nahan bagian (a) [lihat gambar] sewaktu kunci diposisikan ke ‘lock’, alhasil stang pun terkunci dan gak bisa digerak2in. Kl ni baut dua2nya lepas, otomatis rumah  kunci kontak semuanya copot, dan stang gak kekunci lagi. Kurang lebih gitulah gambaran umum mekanisme penguncian stang di vixion.
CELAKANYA..
kedua baut di penyangga-1 dan penyangga-2 itu cuma baut biasa yang dipasang terbalik pula, yang namanya baut, dikencengin sekuat apapun, kl keseringan kena getaran tetep kebuka2 juga.
Inilah yang terjadi di motor gw, untung banget secara gak sengaja gw liat2 ke bagian itu, ternyata baut penyangga kunci kontak gw udah ngegelantung kayak di gambar, tinggal dikit lagi terjun bebas.
CELAKANYA LAGI..
Ni baut walaupun dah di posisi paling kenceng, kepala baut tetep nongol dikit, alhasil kl emng maling niat, bawa kunci kecil buat buka tuh baut, dapet deh satu motor.
[lho kq??]
iyalah, kl kedua baut udah dibuka, kan stang udah gak kekunci, dapet deh.
[tapi kan mesin ttp gak nyala]
kabel2nya kan ngejulur tuh, tinggal putusin semua trs sambungin kabel yg buat alirin listrik, idup deh tuh motor.
[tapi kan ribet]
ya walaupun ribet, dalam arti gak segampang pake kunci T, tetep aja gak ada salahnya kita memperkecil kemungkinan raibnya motor gara2 kelalaian kita sendiri.
Solusi..
Yang paling simple, setiap service rutin, minta tolong mekanik untuk ngencengin kedua baut tadi.
Kl Solusi yg agak beribet dikit, tambah perangkat keamanan dan guinakan kapanpun dimanapun, termasuk di halaman rumah sendiri.
Bisa Alarm, kunci piringan cakram, pasang gembok di standar tengah, dll.
Walaupun sedikit ngerepotin tapi gak serepot kl motornya ilang kan?

Stang Kawasaki Ninja 150R di Yamaha Vixion

Yang bakal gw ulas kali ini adalah penggunaan stang original kawasaki ninja 150R yang model batang di vixion, ni stang kayaknya emang laris manis buat dijadiin barang substitusi karna bentuknya yang bikin hati kepincut. Modelnya landai, jadi bisa bikin kesan bagian depan motor jadi rendah dan berkesan sporty.
Nah gimana soal pemasangan? apa2 aja yang perlu disiapin? berapa budget yg harus keluar? gimana riding performance setelah pemasangan? monggo simak review berikut
Persiapan:
Yang harus disiapin disini yang pasti adalah stang nya, [nenek gw juga tau] haha..
dan juga bandul stabilizer stang [jalu] punyanya ninja. Kenapa? karena sistem pengikat bandul antara vixion dan ninja berbeda, jadi punyanya vixy gak bisa dipakein di stang ini.
Trus dalam memilih stang usahakan jangan ketipu sama yang imitasi, banyak banget stang kawak 150 imitasi bertebaran di muka bumi, dibanderol sekitar 40rb, stang imitasi ini ringan dan krom nya terlihat gak bagus, alias gampang karat. So modalin dikit buat yang original dg modal nyentuh angka ratusan ribu, yang penting bahan kuat dan krom kualitas wahid, dipake buat stoppie [angkat ban belakang] juga jadi gak was was.
Pemasangan:
1. Copot2in segala kabel mengabel, handle grip, jalu, dudukan spion dan penyangga stang biar stang yg lama bebas dilepas, mblasss..
stang ori vixi
2. Bor 2 buah lubang di bagian kanan n kiri stang utk dudukan baut. Posisinya, lihat panah warna biru di gambar diatas. Hati2 pas bikin lobang, kl salah ukur overall stang jadi keliatan panjang sebelah atau bisa juga posisi panel2 gak balance antara kanan n kiri.
3. Pastinya pasang stang baru plus panel kan-kiri dan atribut2 lain yang tadi dah dilepas. Jangan lupa jalunya ya..
Review:
Setelah pemasangan, begitu duduk pertama kali, plekK..!
stang berasa lebih rendah dan lebih lebar dari standard-nya, tapi perubahannya gak signifikan bgt kq. Berasa feel nya jadi beda, gw jamin setelah ganti stang ini pasti brother semua jadi demen riding vixy sambil senyum2 utk beberapa sampe saat sampe akhirnya terbiasa dan pemakaian kembali normal.
Berikut perbedaannya..
Tampak depan
atas1atas2
Tampak samping
samping1samping2

Tampak belakang

belakang1belakang2
Dari komen yg masuk ke blog ini, banyak yg khawatir stang mentok ke tangki bensin.
Emng bener sih, logikanya stang ini lebih rendah dari stang standar, kl kita pasangnya bener2 persis posisi kayak orisinil di ninja 150R, emng mentok tangki bro, jadi solusinya, sewaktu pasang diukur dulu, stang agak diputer kearah atas [diangkat], disesuaikan dengan tangki biar gak mentok.
Kelebihannya adalah stang ini lebih lebar dan lebih rendah [dikit] dari ori nya vixy.
Bikin tampilan jadi sporty karna berasa nungging2 gt [nyatanya gak juga sih] :) , trus handling jadi lebih manteB karna stang agak lebar.
Tapi kekurangannya, kalo dibawa long trip, niscaya bakal ngerasain nyeuri..3x di pinggang dan pergelangan tangan.
Solusi, coba normalin riding position dengan penggunaan raiser stang yg byk dijual di pasaran, tapi jd gak keliatan nunduk lagi :(
Dilema nih, tapi kl gw sih, rela sakit demi gaya, hiks..
Tips:
Oh ya, penggantian stang kayak gini bakal lebih afdol kl disertai dengan nurunin batang shock depan lho, bagian depan motor jadi terlihat lebih tebel.

Arti Kode dan Simbol di Dinding Ban (Sample : Battlax BT45)

Kalo kita iseng2 liat di dinding ban, ada banyak bgt tulisan yg timbul, ada yg udah jelas maksudnya kayak merk ban, dll. Tapi ada juga yg cuma berupa angka2 gak jelas. Plus ada garis atau titik yg warnanya berbeda2. Tentunya ini punya maksud dan tujuan untuk nginformasiin ke user tentang spesifikasi ban tersebut.
Tapi masalahnya gak semua orang tau arti kode2 itu, termasuk gw [dulu :) ]
Nah makanya dsini gw mau share arti kode atau simbol di ban yg kita pake. Sebagai sample, gw ambil gambar Battlax BT45 gw.

1. Kode Seri, Kode Posisi Penggunaan  dan Thread Indicator
BT45
BT45 = Pasti dah pada tau, ni kode seri ban nya :p
R = Singkatan dari Rear,  artinya baik dari ulir grip dan struktur ban diperuntukkan untuk ban belakang.
F = Singkatan dari Front, artinya baik dari ulir grip dan struktur ban diperuntukkan untuk ban belakang.
Simbol segitiga (diatas angka 45)
= Disebut sebagai indikator batas pemakaian. Gambar segitiga pada sisi dinding ban merupakan batas akhir dari grip atau alur ban, kl dah nyenggol, buru2 harus ganti ban kl gak mau nyium aspal.
2. Ukuran, Beban Maksimal dan Kecepatan Maksimal Ban
size
Jenis kode ukuran kayak gini disebut Metric System, cara bacanya :
120 = Lebar ban dalam satuan milimeter (120mm)
80 = Tinggi dinding ban (80% x 120mm = 96mm)
17 = Ukuran diameter ban yaitu 17 inchi, artinya dipakai di velg 17 inchi juga
M/C = Medium Compound. selain medium ada juga kode S=Soft dan H=Hard, pada beberapa ban, ada tambahan MS = Medium Soft dan MH = Medium Hard.
61 = Beban maksimal yg bisa ditopang oleh ban untuk bekerja maksimal dlm satuan Kg. (61 = 257 kg)
    • 30=106, 31=109, 32=112, 33=115, 34=118, 35=121, 36=125, 37=128, 38=132, 39=136
    • 40=140, 41=145, 42=150, 43=155, 44=160, 45=165, 46=170, 47=175, 48=180, 49=185
    • 50=190, 51=195, 52=200, 53=206, 54=212, 55= 218, 56=224,57=230, 58=236, 59=243,
    • 60=250, 61=257
H = adalah kode kecepatan maksimal dalam satuan Km/Jam
(H = max 210km/jam)
kode kecepatan
3. Struktur Ban
bahan
Gak semua pabrikan ban ngecantumin struktur ban, tapi di Battlax ada nih.
- Tread adalah bagian tapak ban yang langsung bersinggungan dengan aspal, harus kuat terhadap benturan, tusukan yang dapat merusak ban. memberikan daya lengket ke aspal dan daya tahan ban karena gesekan. Jadi Tread ban tersebut terdiri 3 lapisan nylon.
- Side wall adalah bagian dinding samping kiri dan kanan ban. Berfungsi sebagai penopang ban. Jadi side wall ban tersebut terdiri 2 lapisan nylon.
4. Usia Produksi dan Tempat Pembuatan Ban.
made in
PAD = kode produksi dari pabrik, gak penting :)
3608 = bulan pembuatan ban (brrti disini minggu ke 36 di tahun 2008 = Agustus 2008)
Made In Japan = :) :) :)
5. Beban dan Tekanan Maksimal Ban.
max load
Max Load = Lagi2 disini diinformasiin Max Load, gak cuma pake kode, ternyata produsen ttp kasih bginian, biar lebih gampang dimengerti konsmen kali ya??
41 PSI cold = Tekanan max ban utk bekerja maksimal adalah 41 PSI dalam kondisi ban dingin (motor gak abis dipake jalan).
6. Arah Rotasi Ban.
rear only
Rear Use Only = Sama kayak tekanan ban, gak puas pake kode, jadi ditulis kayak gini. :)
Arah panah = Menunjukkan arah rotasi ban, jangan samapai dibalik, karena ulir ban udah dibikin untuk hanya satu arah, yaitu sesuai arah panah ini.
7. Jenis Ban
Image_00034
Pada merk lain ada yg nulis TT dan TL.
TT = Tube Type (harus pakai ban dalem)
TL = Tubeless
Selain simbol2 dan keterangan diatas, sebenernya ada lagi lho, tapi gak bisa gw tampilin gambarnya, krna ni ban dah kepalang dipake ratusan Km, tanda yg gw maksud dah keburu ilang :)
SIMBOL GARIS WARNA.
Simbol garis warna ini ada di lapisan kembangan yang belum pernah dipakai untuk menandakan ban tersebut masih baru. Karena lapisan ban ini paling luar pada kembangan/pattern maka jika ban lama dipakai akan habis. Garis warna ada yang satu tetapi ada juga yang lebih dari satu warna, dan tiap pabrikan biasanya punya warna berbeda misal putih, merah, kuning, biru dan hijau.
SIMBOL BALANCE.
Simbol balance biasanya berupa bulatan pada dinding ban, tanda bulat dengan warna berbeda-beda tiap pabrikan misal kuning, merah ataupun biru. Tanda balance ini harus diperhatiin waktu pemasangan ban, karena itulah titik paling ringan dari tiap ban, di titik itu pula posisi pentil harus sejajar. Karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.

Gear Scorpio (44) di Yamaha Vixion

Seneng dandanin tampilan vixion, pasti salah satu hal yg dilirik adalah sektor kaki2, mulai dari ganti velg lebar hingga ganti ban besar biar tampilan cingkrang vixy bisa jadi gagah.
Semua sah2 saja, namanya juga selera, tapi yang jadi masalah, dengan adanya perubahan tsb, brrti ada perubahan bobot velg+ban, dan lazimnya, velg racing aftermarket bobotnya jauh lebih berat dari velg ori nya vixy, begitu juga dengan ban, makin gede tentunya makin berat. Alhasil, performa mesin menurun, motor terasa “ngeden” kalo dipake jalan.
Nah buat yg ngalamin hal ini gw punya trik yg aman plus murah meriah buat ngatasin hal ini. caranya
Prinsipnya sama kayak sepeda gunung [mountain bike] yg [normalnya] punya 3 gear di depan dan 6 gear di belakang yg ukurannya bervariasi mulai dari yg kecil hingga besar. Kalo kita pake ni sepeda, tentunya kita mulai dengan gear belakang paling besar, lalu secara perlahan2 diganti ke ukuran gear paling kecil. Hasilnya kita pun gak perlu capek2 ngayuh sepeda sekuat tenaga, alias sepeda jadi berasa ringan dibandingin dengan ngayuh sepeda BMX yg cuma punya 1 gear. Tapi efek lainnya, dengan gear belakang ukuran besar akan sulit dicapai kecepatan maksimum, akan jauh lebih mudah ngebut kl pake gear belakang kecil. 8)
Nah gitu juga di vixion,
insinyur Jepang dah capek2 bikin itung2an ukuran besar gear depan dan belakang yg pas dengan bobot ban+velg ori. Salut buat mereka yg dah nemuin ukuran pas nya, jadi antara akselerasi dan top speed bisa diraih secara maksimal.
Nah berhubung ban+velg ori udah diganti dengan yg aftermarket yg beratnya naudzubillah, berarti ukuran gear juga harus diitung ulang dunk.
Ukuran gear standar vixy adalah
Depan = 14 mata gear | Belakang =42 mata gear
Atau bisa dibilang rasionya = 42 : 14 = 3
Nah berpedoman dengan prinsip sepeda gunung tadi, jadi simple nya tambah gedein aja ukuran gear belakang, karena
Top speed / Berat << Rasio Normal [3] >> Akselerasi / Ringan
Dari itung2an gw yg bukan insinyur :) , gimana kl gear belakang diganti ma punyanya Scorpio
Depan = 14 mata gear | Belakang = 44 mata gear
Rasio = 44 : 14 = 3,14
Kenapa gear scorpio :
1. Bisa naikin rasio sebesar 0,14 yg gw pikir cukup untuk bikin ringan [kayak standar] tarikan tapi gak bikin top speed turun.
2. Gear dan rantai ada banyak jenisnya, nah yg paling mendekati secara dudukan baut, ketebalan gear dan jenis rantai yg dipake adalah scorpio. (Tipe 428).
Tentunya semua artikel ttg vixion di blog ini udah gw cobain di vixy gw, biar gak dibilang asal ngomong :D
Buat yg pengen cobain monggo ikutin langkah2 berikut.
Persiapan :
Tentunya yg harus disiapkan adalah Gear Belakang Scorpio, sayangnya, untuk gear original [merk SunStar] gak bisa dijual ketengan /per part, alias harus dibeli utuh satu set [Gear depan, Gear Belakang dan Rantai] seharga hampir setengah jut. wew…
Buat ngakalinnya, bisa coba produk Indopart, gear belakang scorpio dijual seharga Rp 45rb saja :) 
Pemasangan :
Gak ada yg perlu dikhawatirin soal pemasangan, karena gear scorpio bisa plug n play dipasang di vixion. Dari dudukan baut, ketebalan bahkan design nya sama persis. Kakak-adik sih ya.. Yang beda cuma jumlah matanya aja.
Buat yang udah terlatih bongkar2 roda belakang sih penggantian pasti gak lebih dari 15 menit.
Efek Samping :
Buat yang ngerasa khawatir dengan efek samping dari penggantian, tenang aja bro.
Scorpio pake rantai tipe 428V dan jumlah rantai sebanyak 118 buah.
Vixion pake rantai tipe 428HD dan jumlah rantai sebanyak 120 buah.
Yang perlu disoroti adalah bahwa kedua motor ini menggunakan rantai Tipe 428, artinya ukuran jarak bagian dalam antar plat rantai adalah sama.
Jadi walaupun hanya ganti gear belakang aja [gear depan dan rantai pke ori vixy] gak akan ada masalah.
H dan V hanya simbol jenis rantai, yaitu dengan sistem O-ring atau Biasa dan kode beban maksimal yg mampu ditahan rantai agar gak sampai putus.
Hasil :
Vixion gw pake Velg Power 3.5″ dan Ban Bridgestone Battlax BT45 F=100/80 R=120/80, Busi Denso Irridium IU24, Pertamax.
Setelah pake gear belakang Scorpio, masalah “ngeden” udah bisa diatasin, sekarang tarikan awal udah bisa dikatakan sama kayak Vixy standar.
Untuk Top Speed [pengetesan terakhir di gatot subroto pkl 23:45 WIB] dapet di angka 120kpj.

Harga Suku Cadang Online

ATPM [Agen Tunggal Pemegang Merk] Motor di negeri ini nampaknya sadar betul kl era TI udah mewabah, orang2 lebih cenderung gunain internet untuk ini itu, termasuk cari info soal brand motor, produk sampai spare part lewat klak klik mouse daripada jalan ke BeRes [Bengkel Resmi] yg menyita waktu, tenaga dan rasa malu.
[Lho kq malu..??]
Lha iya, enak kl BeRes-nya gede dan nyaman, santai buat tanya ini itu, lha kl BeRes-nya sumpek rame trs staff nya jutek, dah tanya harga ini itu banyak, eh taunya harganya mahal2, trus gak jadi beli.
Nah biar gak kejadian, ternyata Yamaha, Honda dan Suzuki sebagai market leader udah nyediain menu spare part plus harga di website resmi nya. Berikut Link nya.
Dibutuhkan, Adobe Flash Player 9 [minimal] dan Adobe Reader.
Untuk akses silahkan klik button “Part Catalogue” di halaman web nya.
Katalog hanya disediakan untuk tipe motor yg masih diproduksi, untuk yg tipe udah discontinue, bisa telpon2an ke CS-nya aja.
.

Di honda, proses pencarian masih rada jadul, karna masih berupa katalog dalam format PDF.
Caranya dengan mendownload katalog part terlebih dahulu, untuk mengetahui nomor kode dan nama part, lalu download katalog harga untuk mengetahui harganya.
File PDF disediakan per jenis motor, katalog beberapa jenis motor yg udah discontinue masih tersedia.
.

Nah cuma suzuki yg menurut gw paling simple dan mengena, kl di yamaha, tampilan oke krna pk flash, tapi jadinya rada berat kl di load.  Kl honda, online nya nanggung, cuma numpang link download katalog doang.
Disini gak hanya motor, part mobil keluaran suzuki pun tersedia.
.
>> Harga yg tercantum cuma sebagai patokan HET [Harga Eceran Tertinggi] aja.
.
Pabrikan lain?
Kepekaan thd IT nya masih kurang. Lihat aja kawasaki, produk teratas yg ditawarkan seharga 58jt-an [D-TrackerX 250], tapi website nya mengenaskan, non flash, minim animasi.
Moga2 kedepan yg lain juga ikutan.

Handle Adjustable Ride It MotoGP Series di Yamaha Vixion

Akhirnya.. akibat hasutan temen gw di kantor, beli juga deh.
Ni handle [adjustable] sebenernya udah lama gw idam2kan, kesannya gahar, tapi karena ni mahluk [menurut gw] mahal, jadi pikir2 nya butuh waktu yg panjang. Sampe akhirnya gw dijebak. Dapet peribahasa, “kapan lagi mau modif kl gak sekarang, kl dah kawin dah gak bisa lagi pir..”, ujar maqbool [salah satu mahluk di kantor yg gw maksud diatas].
Calon terkuat adalah produk Y-Max, so pasti karena tu mahluk aseli bikinan Yamaha Thailand, diimport langsung oleh YMKI, tapi sayang, dilego 300rb sepasang, mahal.
Akhirnya jalan2 di otista, dapet deh..
Yang gw maksud adalah Handle [lever] Adjustable Ride It.
Adjustable?
Ya bener, ni handle bisa diatur posisinya, inget shock belakang adjustable yg punya beberapa tingkatan kekerasan? nah handle ini juga punya beberapa tingakatan, 6 tingkat tepatnya, tapi bukan untuk keras/lembut, tapi untuk posisi idle tuas.
Dilego dgn harga lebih masuk akal, Rp 185rb [Mei 2010 - Otista Jakarta]
Jauh lebih mahal daripada handle ori yg dilego Rp 40rb [saja] sepasang.
Apa yg lebih dibandingkan handle adjustable lain?
+ Tuas bidang untuk jari lebih pendek, maksimal bisa diremas 3 jari, idealnya 2 jari saja.
+ Sudut bagian bawah membulat, gak bikin buku jari sakit waktu ngeremas ni handle.
+ Warna eyecatching [Titanium, Gold, Silver] & bertuliskan motoGP.
Plus Minus
Sebetulnya ubahan ini bisa dibilang gak penting, gak ada effort yg pantas dibanggakan, cuma lebih kepada fashion.
+ Tampilan jadi gahar kl dilihat dari depan.
+ Eye catching, buat iri rider lain.
- Handle ori bisa berfungsi juga sbgi “frame slider” sewaktu motor gubrak, dalam kondisi standar, sewaktu motor jatuh, bagian terluar penumpu body adalah handle+jalu dan footspet belakang, biasanya handle jadi melengkung. Nah kl udah ganti pake handle ini, otomatis penumpu hanya menggunakan jalu [stang].

Busi Iridium (IU24) di Yamaha Vixion

Berawal dari kunjungan ke Yamaha Asean Cup Race tanggal 29 November yang lalu, iseng mampir ke stan TDR, ada banner gede bertuliskan “TDR Super Iridium Spark Plug“.
Wedew, busi iridium ya, jadi inget deh obsesi evolusi si vixy, wah pas bener, tapi TDR? yakin bisa bikin busi, Usut punya usut dy juga kerjasama ma perusahaan busi luar [yg namanya juga baru gw denger], jadi intinya cuma numpang nempel merk doang, kesimpulannya.. gak berani ah!
Akhirnya, ngelangkah beberapa tapak, eh ada stan Denso, khusus promosiin “Denso Iridium Power Spark Plug“. Tanya ini itu ke SPG nya, trs angkut deh [businya doang, SPG nya nggak].  Dan akhirnya setelah dipasang di Vixion, br deh gw brani kasih review tentang busi ini.
Kenapa harus busi Iridium :
Nah ini dia yg jadi pertanyaan pertama gw, dengan harga yg mahal, apa sih kelebihan busi iridium?
Dari berbagai sumber gw rangkum.
1. Iridium adalah material dengan titik lebur tertinggi dibanding material lain, bahkan gold sekalipun.
Makin tinggi titik lebur suatu material elektroda, makin baik konsentrasi pengapian yg bisa dihasilkan oleh elektroda tersebut.
2. Lebih irit BBM.
karena proses pengapian jadi lebih baik, konsumsi BBM akan lebih irit. Berdasarkan pengujian di 2 motor 50cc menggunakan Busi Iridium Denso IWF22 dibandingkan Busi standar Denso W20FS-U. Hasilnya silahkan lihat di gambar. Terjadi peningkatan sekitar 5%. Tapi inget, konsumsi BBM tetep tergantung bgt dgn cara berkendara si penunggang kuda besi lho.
Kl di Vixy.. masih gw tes, naiknya brp persen, ntar kl dah dapet angkanya pasti di-update :D
3. Horse Power Meningkat.
Grafik diatas adalah hasil pengujian menggunakan motor 250cc, mesin V, 2silinder, dengan radiator.
Hasilnya bisa dilihat di grafik, antara Busi Iridium Denso, Iridium merk lain dan Busi Standar Denso. Terjadi peningkatan 1,4 % jika dibandingkan antara Busi Iridium dengan Busi Standar.
4. Akselerasi Meningkat.
Grafik diatas membandingkan Busi Denso Standar dengan Busi Denso Iridium, menggunakan motor 250cc, mesin V, 2silinder, dengan radiator. Hasilnya terjadi GAP waktu 0,7 detik | dan GAP jarak sejauh 6m.
Wah kok bisa ya semuanya meningkat?
Intinya hal ini dikarenakan pada busi Denso Iridium, pengapian yg terjadi lebih besar dari sebelumnya dan terkonsentrasi karna bidang loncatan api sangat kecil dibandingkan busi biasa, hanya 0,4 mm, hampir terlihat seperti jarum.
Kok api jadi lebih besar?
karena pada busi Denso Iridium, elektroda ground berbentuk “U”, sedangkan pada busi lain hanya berupa bidang datar.
[gambar]
Hal ini memungkinkan dengan gap antar elektroda yang sama [0,8 - 0,9 mm], pada busi Iridium terdapat ruang untuk terjadi api yang lebih besar.
Katanya Busi Iridium Mahal :
Bener bgt, harganya bisa 10x lipat harga busi standar. Kenapa? karena material iridium emng harganya mahal, termasuk material yg jarang di bumi. Untuk diaplikasikan di busi, butuh teknologi pengelasan laser, dan ini gak murah harganya. Simplenya.. kl gak terima kenapa ni busi mahal, bikin aja sendiri, wkwkwk :D
Kenapa Denso :
Denso adalah busi dengan diameter elektroda iridium terkecil di dunia yaitu 0,4 mm, merk lain masih berkisar di 0,5 – 1,0 mm. Busi standar, besarnya 2,5 mm. Prinsipnya, makin kecil elektroda, makin fokus pengapian. loncatan api gak akan lari2 dari sisi bidang satu ke yang lainnya seperti yg terjadi di busi standar.
Cara Perawatan busi Iridium :
Nah ini harus hati2, pada busi Iridium, bisa dibilang maintenance free, karena kl kondisi mesin normal, dan tipe busi yg digunakan sesuai dengan spek mesin, kotoran karbon yg terjadi dapat lenyap karena terkena efek pembakaran yang terjadi, alias ni busi bisa bersihin diri sendiri.
Kalopun dibersihin, cukup semprot bagian elektroda dengan angin kompresor bertekanan rendah, jangan sekali2 disikat menggunakan sikat kawat atau amplas, karena bakal merusak mata elektroda dan mengikis lapisan iridium. Sayang bgt, kan yg bikin mahal si iridiumnya, material yg jarang bgt ditemuin di muka bumi.
Tipe Busi Iridium :
Beda motor tentunya beda jenis busi, untuk vixion, gunakan Denso Iridium IU24, untuk kebutuhan khusus, bisa gunakan yg lebih panas atau dingin, semisal IU 22 atau IU 27.
Apakah harus ada part yg diganti biar bisa pake busi iridium ?
Vixion standar bisa lgsg PnP pake busi Iridium, bagian atas busi yg gede warna kuning bisa dilepas, dan ulir di dalemnya pas buat kepala busi standar.
Bukannya Busi Iridium Hanya Untuk Balap ?
Emg bener, busi iridium sering bgt kita temuin dipake di motor / mobil balap, contohnya di motoGP ato di Yamaha Asean Cup Race kemaren, busi Denso Iridium jadi busi resmi dsana. Busi Iridium mampu nyediain pengapian yang besar dan fokus, jadi untuk nyari settingan yg pas juga gak nyusahin. Tapi untuk motor standar dan kegunaan harian juga gak masalah kq, toh performa tetep naik, walaupun gak segede di motor balap atau racikan khusus.
Masa Pakai Busi Denso Iridium.
Orang Denso nyebutin kl usia busi Denso Iridium antara 6 bulan – 1 tahun, semua tergantung setting mesin (stelan CO yg pas), pas atau nggaknya tipe busi dg suhu daerah tsb, kebutuhan pemakaian (harian atau kebut2an) dan perawatan. Karena walaupun maintenance free, tp kl setting mesin kurang pas, tetep ada sisa karbon pembakaran yg mengendap, tetep harus dibersihin walopun cuma ditiup2 doang, krna kotoran ini ngehalangin elektroda buat ngehasilin api yg maksimal biar mesin gak brebet.
Spesifikasi Busi Dendo Iridium buat Vixion
Type Diameter Reach Hex Gap Projection Spark Position Electrode Height Terminal Shape Resistor Barcode Product Number
IU24 10 mm 19mm 16 mm 0.9 mm -0.5 mm 0.7 mm 2.6 mm Resistor 5 k-ohm 0 42511 05362 5 067700-9270
Buat motor lain, silahkan cek disini untuk tipe busi Denso iridium yang harus digunakan
Review Pemakaian di Vixion :

Sayang banget gw belum bisa bicara banyak disini, krna artikel ini juga dibikin baru 2 hari sejak gw beli, jadi lum bisa ngetes, ntar deh gw update lagi.
Yang jelas, sementara ini yg udah bisa gw buktiin :
- Dari beli kan vixion dikasih busi Denso Standar, begitu 1 tahun gw ganti busi, dikasih ma dealer busi NGK standar [yang kotaknya merah itu tuh], pas dipake terasa bgt performa mesin turun, agak ngeden dan kadang brebet. Lum pasti sih ini gara2 businya yg jelek atau GAP antar elektroda nya yg gak pas [gak punya jangka sorong buat ngukur], tapi yg jelas bgitu pake ni Denso Iridium, tenaga mesin dah berasa kayak sediakala.
- Dengan busi standar, di gigi 5 | kec 60kpj gw dapet di rpm 5.000, begitu pake Denso Iridium, kecepatan segitu udah bisa gw dapet di rpm 4.500.
Didapat dengan kondisi :
Mesin & Exhaust Standar | Velg Racing Power 3.5″ | Battlax BT45R 120/80 | 14:44 Gear ratio | Rear disc brake
Oh iya, buat patokan harga, ni busi gw tebus seharga Rp 90rb | per tanggal 29 nov 09
Untuk tipe busi yang digunakan oleh selain Vixion,  silahkan cek disini.
*) warna = konten yg diupdate