Rabu, 02 Maret 2011

Cakram Belakang (Rear Disc Brake) di Yamaha Vixion

Hehe.. setelah dipendam sejak lama, akhirnya terealisasi juga. Pemasangan cakram ini sebetulnya sih bukan kebutuhan mendesak bgt, dilihat dari segi performa, rem tromol di ban belakang V-Ixion juga gak kalah ajib sama pengaplikasian cakram. Deselerasi motor tetap sempurna, hanya mungkin untuk V-Ixion yang udah ganti velg & ban gambot, ngerem agak kurang pede mengingat bobot keseluruhan ban dan velg yg telah bertambah. Kl menurut gw lebih tepat kl perubahan ini lebih disebabkan alasan fashion. Kenapa?
Karena rasanya kl diliat2, motor gede itu kurang gahar tanpa cakram belakang, malah lebih bagus lagi kl depan dipasang dobel disc, tapi sih gw pikir untuk body vixy yang agak ramping, single disc di ban depan juga udah cukup, mgkn bagi yg kurang puas bolehlah diganti ke piringan yg lebih besar dari ukuran standar. Saran saya sih bisa coba produk PSM di kisaran harga 320rb-400rb (berbeda di tiap daerah), terbukti kuat.
Disc belakang yang gw pake disini adalah full set untuk Suzuki Satria 120R, mereknya Nissin, di master dan pompa minyak tertulis label NISSIN [cetakan timbul]. Kl anak motor bilang ni produk no.2, kl gw bilang sih ini imitasi, hehe.. :)
Gak apa2, so far so good kq, dan dah terbukti aman2 ja, dpake kenceng ayo.. dpake pelan ya monggo.
1 Set cakram (Master, Piringan, Pompa, Tabung Minyak Rem, Selang, Adaptor/dudukan master) plus ini itu (custom) dan biaya pasang gw tebus seharga Rp 600.000, pkknya terima beres, rata2 tiap bengkel yg gw datengin sh emng kasih harga mentok sgitu, perbedaannya cuma di master dan ketelitian pemasangan.
Oh ya, gini hasilnya kl dah ditemplokin ke vixyvixy-cakram
Gw pasang ni cakram di LA Motor, Jl. Raya Kalimalang Bekasi. Lama pemasangan sekitar 6-8 jam, kq lama? krna sebanding ma hasilnya, rapi dan presisi bro!
Oh ya, sebelum berencana pasang cakram belakang, ada baiknya kalian tau hal2 berikut, ni gw tulis bdsrkan pengalaman gw pake ni cakram.
1. Cari bengkel yg peralatannya lengkap, kunci, baut2, gerinda, alat press dll. Knp? Karena paket penjualan Rear Disc Brake gak ada yg Plug n Play, semuanya custom, jd pinter2nya bengkel, mekanik ma alat yg tersedia.
2. Lebih baik kita dah kenal ma mekaniknya, pemasangan bisa lebih hati2 dan presisi. Knp? Karna pemasangan Cakram ini rawan, kl dudukan gak kuat, master bisa miring yg hasilnya muncul bunyi2an aneh plus perputaran ban agak  seret alias keset, disc jg bengkok, atau parahnya ban bisa ngunci dijalan.
3. Dampingi mekanik saat pemasangan, knp? karna minimal kita bisa tau step by step pemasangan, bisa nambah ilmu plus tau kl misal ada knp2 di jalan. Tapi inget, jgn terlalu sering ngerecokin, ksian mekaniknya, gawenya jadi gak konsen.
4. Jangan Ekstrim, mksdnya, usahakan agar perubahan yg kamu lakuin masih bisa dikembalikan ke posisi standar, knp? karena kalo2 ni motor mau dijual, kerusakan body bisa jadi faktor pengurang harga jual. Contoh kmrn lengan ayun gw mau dibor buat dudukan master, untung respon cepet, jadi lum sempet di bor dah gw stop, krna masih byk cara bikin dudukan master yg lebih baik daripada bor lengan ayun. Klik disini untuk lihat review dudukan cakram yg gw pake.
5. Uang Tips, bgitu selesai pemasangan, kasih uang tips, jadi kl besok2 ni cakram knp2, kl kita balik ksana dy bakal dg senang hati beresin keluhan kita.
6. Rem Blong, jgn takut kl setelah pemasangan, ban kamu gak bisa langsung ngesot kl dibejek rem, karena pada tahap awal pemakaian, masih diperluin penyesuaian antara kampas rem dan piringan, kampas masih harus bikin luka di tapak piringan, luka yg gw maksud adalah garis2 yg muter ngikutin bentuk bulatnya piringan, bgg? coba lihat Disc depan kamu deh, ada garis2 nya kan, nah sekarang bandingin ma yg di belakang, beda kn??
7. Deteksi pemasangan cakram, caranya adalah
- posisikan motor di standar tengah, putar ban belakang pake tangan, lebih keset dari biasanya gak? harusnya, pemasangan cakram gak begitu berpengaruh ke kekesetan putaran roda, kl kesetnya kelewatan, brrti posisi master lum begitu pas, masih perlu digeser ke kanan/kiri menggunakan ring baut (kita menghadap searah motor).
- dengan posisi yg sama, hidupkan mesin, masuk ke gigi 1, biarkan ban berputar. Teliti, ada suara2 aneh gak? kl ada, cek lagi pemasangan master.
- ajak motor jalan2 sekitar 15 menit tanpa menggunakan cakram belakang, kl ngerem pake cakram depan aja, setelah selesai, pegang piringan cakram belakang, panas bgt gak? standarnya mungkin gini, kl kamu tahan nempelin jari di tuh cakram 10 detik aja, brrti pemasangan normal, tapi kl panasnya sama ato bahkan lebih panas dari cakram depan (yg digunakan sepanjang jalan td), brrti pemasangan masih lum beres, sesuaikan posisi master.
8. Cari bengkel lain. Semisal ada masalah di pemasangan, dan setelah komplain ke bengkel tempat pemasangan, tapi ttp gak ada hasil, baiknya kamu cari bengkel lain yg lebih bisa dipercaya, makin besar makin baik, tapi gak perlu sampe ke bengkel resmi.

2 komentar:

  1. Salam blogger, perkenalkan saya adalah author
    www.jopir.wordpress.com

    Saya bangga tulisan saya bisa berguna bagi banyak orang, bahkan bisa membuat anda meng-copy tulisan saya.

    Dengan segala hormat dan kerendahan hati, saya akan sangat berterima kasih jika semua artikel yang anda copy dari blog saya, harap dilengkapi dengan alamat sumbernya, begitu pula dengan watermark pada image agar jangan di crop.

    Saya yakin anda cukup kreatif untuk membuat artikel dari pikiran anda sendiri. DAn tentu sebagai blogger anda menjunjung tinggi etika blogger untuk selalu meminta ijin dan mencantumkan sumber jika akan copy paste.

    Trims.

    -jopir-

    BalasHapus
  2. Om salam kenal, ane mau jga tu dipasang cakram blang dimegy ane , tahun skrg dah kena biaya brpa ya, boleh diemailin om alamat lengkap bengkelnya, patokannya apa gtu,.or.sebelah apa


    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus